SELAMAT

menu

Rabu, 28 November 2012

Organisasi dan Manajemen


Organisasi dan Manajemen


1.    Bentuk Organisasi
#        Menurut Hanel
Menurut Hanel bentuk organisasi koperasi adalah suatu system social ekonomi atau social tehnik yang terbuka dan berorientasi pada tujuan. Bentuk dari organisasinya terdiri dari sub system koperasi yang terdiri dari :

*     Individu (pemilik dan konsumen akhir)
*     Pengusaha perorangan / kelompok (pemasok/supplier)
*     Badan usaha yang melayani anggota dan masyarakat.

#          Menurut Ropke
Menurut Ropke bentuk organisasi memiliki identifikasi cirri khusus, yaitu :
*        Kumpulan sejumlah individu dengan tujuan yang sama (kelompok koperasi)
*        Kelompok usaha untuk perbaikan kondisi social ekonomi (swadaya kelompok koperasi)
*        Pemanfaatan koperasi secara bersama oleh anggota (perusahaan koperasi)
*        Koperasi bertugas untuk menunjang kebutuhan para anggotanya (penyediaan barang dan jasa)
Sub sistemnya terdiri dari:
*        Anggota Koperasi
*        Badan usaha Koperas
*        Organisasi Koperasi
*        Bentuk organisasi di Indonesia

#          Di Indonesia
Struktur organisasi di Indonesia berupa Rapat Anggota, Pengawas, Pengurus, Pengelola.
Rapat Anggota biasanya membahas :
*        Penetapan anggaran dasar
*        Kebijaksanaan umum (manajemen, organisasi & usaha koperasi)
*        Pemilihan, pengangkatan & pemberhentian pengurus juga pengawas
*        Rencana kerja, rencana budget dan pendapatan serta pengesahan laporan keuangan
*        Pengesahan pertanggungjawaban
*        Pembagian SHU
*        Penggabungan, pendirian, peleburan dan pembubaran
Pengurus biasanya melakukan kegiatan :
*        Mengelola koperasi dan anggota
*        Mengajukan rancangan rencana kerja, anggaran pendapatan & belanja koperasi
*        Menyelenggarakan rapat anggota
*        Mengajukan laporan keuangan & pertanggungjawaban
*        Menyelenggarakan pembukuan keuangan & inventaris secara tertib
*        Memelihara daftar anggota & pengurus

Pengurus juga memiliki wewenang, yaitu :
*        Mewakili koperasi di luar dan di dalam pengadilan
*        Memutuskan penerimaan dan penolakan anggota baru dan pemberhentian anggota
*        Memanfaatkan koperasi sedsuai dengan tanggungjawabnya
*        Pengawas memiliki kegiatan sebagai berikut :
*        Bertugas untuk melakukan pengawasan kebijakan dan pengelolaan koperasi
*        Berwenang untuk meneliti catatan yang ada & mendapatkan segala keterangan yang diperlukan.

2.    Hirarki Tanggung Jawab
#       Pengurus
Pengurus adalah seseorang yang mengelola koperasi dan usahanya. Seperti :
1.        Mengajukan rancangan Rencana kerja, budget dan belanja koperasi,
2.        Menyelenggarakan rapat bagi para anggotanya,
3.        Mengajukan laporan keuangan & pertanggung jawaban,
4.        Maintenance daftar anggota dan pengurus,
5.        Wewenang, Mewakili koperasi di dalam & luar pengadilan,
6.        Meningkatkan peran koperasi di masyarakat.

#       Pengelola
Pengelola adalah Karyawan / Pegawai yang diberikan kuasa & wewenang oleh pengurus untuk mengembangkan usaha dengan efisien & professional, Hubungannya dengan pengurus bersifat kontrak kerja, dan dapat diangkat serta diberhentikan oleh pengurus.

#       Pengawas
Pengawas adalah Perangkat organisasi yang dipilih dari anggota dan diberi mandat untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya organisasi & usaha koperasi. Dengan UU 25 Th. 1992 pasal 39 yang bertuliskan:
*        Bertugas untuk melakukan pengawasan kebijakan dan pengelolaan koperasi,
*        Berwenang untuk meneliti catatan yang ada & mendapatkan segala keterangan yang diperlukan.

3.    Pola Manajemen
Untuk mencapai tujuan koperasi di perlukan manajemen koperasi yang benar agar semua yang telah di rencanakan dapat berjalan dengan baik, untuk itu diperlukan Pola Manajemen Koperasi sebagai berikut:
#       Perencanaan
Perencanaan merupakan proses dasar dari manajemen. Dalam hal ini manajer memutuskan hal-hal yang harus dilakukan, tetapi sebelum itu dibutuhkan organisasi untuk perencanaan, baik organisasi kecil maupun besar. Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang bersifat fleksibel, karena dalam berjalannya waktu situasi dan kondisipun dapat berubah sewaktu-waktu.

#       Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur,pengelompokan, dan mengatur serta membagi tugas bagi para anggota dalam bekerja. Posisi dalam bekerja dari para anggotanya pun harus sesuai dengan keahlian dari anggota organisasi, agar tujuan dapat di capai sesuai dengan yang telah direncanakan.
#       Struktur Organisasi
Sebagai pengelola koperasi, pengurus menghadapi berbagai masalah yang harus diselesaikan. Dan masalah yang paling sulit itu berasal dari dirinya sendiri yaitu berupa keterbatasan, seperti keterbatasan pengetahuan, kemampuan, bahkan mungkin daya tahan tubuh.
Maka dibutuhkan struktur organisasi yang sesuai dengan kemampuan, bentuk usaha, volume usaha, maupun luas pemasaran produk. Karena semua bentuk organisasi memiliki kekuatan dan kelemahan.
#       Pengarahan
Pengaraha merupakan fungsi menejemen yang terpenting karena masing-masing orang dalam suatu organisasi memiliki kepentingannya masing-masing. Untuk itu pimpinan perusahaan harus dapat mengarahkan dengan baik agar tujuan perusahaan dapat tercapai.
#       Pengawasan
Pengawasan merupakan sistem untuk membuat segala kegiatan perusahaan dapat berjalan sesuai rencana. Proses ini dapat dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu:
*        menetapkan standar
*        membandingkan kegiatan yang telah dilaksanakan dengan standar yang telah ditetapkan
*        mengukur penyimpanan-penyimpana yang terjadi, lalu mengambil tindakan evaluasi jika diperlukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar