Peranan
Koperasi
Peranan
Koperasi di berbagai keadaan persaingan :
Di
Pasar Persaingan Sempurna
Suatu
pasar disebut bersaing sempurna jika terdapat banyak penjual dan pembeli
sehingga tidak ada satu pun dari mereka dapat mempengaruhi harga yang berlaku,
barang dan jasa yang dijual di pasar adalah homogen, terdapat mobilitas sumber
daya yang sempurna, setiap produsen maupun konsumen mempunyai kebebasan untuk
keluar-masuk pasar; setiap produsen maupun konsumen mempunyai informasi yang
sempurna tentang keadaan pasar meliputi perubahan harga, kuantitas dan kualitas
barang dan informasi lainnya, tidak ada biaya atau manfaat eksternal
berhubungan dengan barang dan jasa yang dijual di pasar.
Pada
dasarnya pasar persaingan sempurna memiliki beberapa cirri-ciri umum yaitu :
*
Adanya
penjual dan pembeli yang banyak
*
Produk
yang dijual sejenis
*
Perusahaan
bebas untuk masuk atau keluar
*
Para
pembeli dan penjyal memilki informasi yang sempurna
Di
Pasar Monopolistik
Pasar
monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein,menjual) adalah suatu bentuk
pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga
pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.
Ciri-cirinya
:
*
Banyak
pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam.
*
Produk
yang dihasilkan tidak homogen.
*
Ada
produk substitusinya.
*
Keluar
atau masuk ke industri relatif mudah.
*
Harga
produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan
penjualnya
Di
Pasar Monopsoni
Monopsoni
adalah kebalikan dari monopoli, yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja
yang membeli produk yang dihasilkan.
Di
Pasar Oligopoli
Di Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah
pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.
Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dua
strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan
nonharga Jenis-jenis pasar Oligopoli:
1.
Pasar
oligopoly murni.
Barang
yang diperdagangkan sama fisiknya (identik), hanya berbeda merknya saja.
2.
Pasar
oligopoly dengan pembedaan (differentiated oligopoly).
Barang
yang diperdagangkan dapat dibedakan. Perusahaan mengeluarkan beberapa produk
untuk piihan konsumen.
Ciri-ciri
pasar Oligopoli:
1.
Terdapat
banyak pembeli di pasar.
2.
Hanya
ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.
3.
Umumnya
adalah penjual-penjual (perusahaan) besar yang memiliki modal besar saja
(konglomerasi).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar