SELAMAT

menu

Selasa, 25 Oktober 2011

Tugas pengantar bisnis-minggu ke2



NAMA KELOMPOK:
1.      FITRI NURLIA (22211921)
2.      INDRI RAHAYU PRADITYA (23211621)
3.      NIA ARVIONITA (25211150)
4.      NIKEN KURNIAWATI (28211356)
5.      NUR HIKMAH (25211309)

KELAS : 1EB20

TUGAS PENGANTAR BISNIS

TUGAS KELOMPOK MINGGU 2

  1. JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA)  UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI
Jawab:
A.    Mengajukan permohonan rekomendasi kepada walikota/bupati dengan syarat:
·         mengisi formulir surat rekomendasi yang ditujukan untuk walikota/bupati setempat
·         Kelengkapan-kelengkapan lainnya, meliputi hal-hal di bawah ini.
a.       Foto kopi KTP
b.      Foto kopi tanda lunas PBB
c.       Foto kopi NPWP
d.       berbadan usaha melampirkan Akte Pendirian Perusahaan
e.       Bukti kepemilikan tanah
f.       Gambar lokasi
g.      surat ijin tetangga diatas segel Rp. 6000 diketahui Lurah dan Camat
h.      Surat kuasa apabila dikuasakan diatas materai Rp. 6000


B.     Mengajukan permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan cara mengisi formulir surat Izin Mendirikan Bangunan yang ditujukan kepada walikota/bupati, Kepala dinas permukiman, disertai dengan persyaratan dokumen yang diperlukan
C.     Mengajukan Permohonan Izin Gangguan
D.    Mengisi formulir surat pernyataan kesanggupan mematuhi ketentuan teknis
E.     Membuat Tanda Daftar Industri (TDI).

  1. BERILAH MASING – MASING  SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT
Jawab:
  •  Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam
  •   Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah
  •   Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah
  •   Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi
  • Lokasi/letak perusahaan berdasakan Hubungan/Pergaulan Internasional

  1. SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN
Jawab:
  • ·         tujuan sosial : keinginan investor, karyawan, penyedia faktor-faktor produksi dan masyarakat.
  • ·         tujuan ekonomi : laba-pelanggan-pengembangan kebutuhan masyarakat dalam hal produk, kualitas, harga kuantitas, waktu pelayanan kegunaan, inovatif berkesinambungan, comparative advantage dan competitive advantage (berdaya saing tinggi dan dalam jangka panjang)
  1. JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN
Jawab:

  • ·          lingkungan internal perusahaan adalah suatu proses dengan mana perencana strategi mengkaji pemasaran, dan distribusi perusahaan, penelitian dan pengembangan, produksi dan operasi, sumber daya dan karyawan perusahaan, serta faktor keuangan dan akuntansi untuk menentukan dimana perusahaan mempunyai kekuatan dan kelemahan yang penting sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang dengan cara yang paling efektif dan dapat menangani ancaman di dalam lingkungan..
  • ·         Lingkungan external meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi dalam lingkungan kerja. Variabel-variabel ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang. Yang mana memerlukan pengendalian jangka panjang dari manajemen puncak organisasi.


  1. APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN
Jawab:
Pengaruh Variabel lingkungan Internal dan Eksternal dalam suatu Perusahaan yaitu:
  • Dalam bidang ekologi, pencemaran udara,air,sampah
  • Dalam bidang ekonomi, urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak,dll
  • Dalam bidang sosial, kriminalitas,pengangguran
  • Dalam bidang politik, pertahanan keamanan
  • Dalam bidang hukum, keputusan dan transaksi perusahaan

  1. JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER  ORIENTED APPROACH
Jawab:
  • ·         Producer oriented approach : produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar,
  • ·         Consumer oriented approach : konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar