SELAMAT

menu

Selasa, 08 November 2011

Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-5

Nama Kelompok :
1.      FITRI NURLIA (22211921)
2.      INDRI RAHAYU PRADITYA (23211621)
3.      NIA ARVIONITA (25211150)
4.      NIKEN KURNIAWATI (28211356)
5.      NUR HIKMAH (25211309)

KELAS : 1EB20

TUGAS PENGANTAR BISNIS
Tugas Kelompok Minggu Ke-5

  1. SEBUTKAN FUNGSI  MANAJEMEN  DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA MANFAATNYA
      Fungsi Manajemen :
a.       Planning ( Perencanaan ) adalah suatu fungsi pemilihan alternative melalui suatu proses yang rasional untuk mengambil keputusan terhadap objective perusahaan, program, maupun prosedur untuk memperbaikinya.
Contoh penerapan : Setelah lulus dari SMA, saya mempunyai rencana (Planning) untuk berkuliah, dengan memilih fakultas ekonomi jurusan akuntansi.
Manfaat : Dengan melakukan planning maka suatu kegiatan akan lebih terarah.
b.      Organizing ( Pengorganisasian ) adalah pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan, termasuk dalam hal ini penetapan susunan organisasi tugas dan fungsinya.
Contoh penerapan : Dalam hal ini setelah diterima dalam suatu Universitas, Saya membuat kelompok-kelompok belajar guna memperoleh hasil mata kuliah yang sebaik mungkin , selain itu juga Saya mengikuti UKM Faris.
Manfaat : Dengan melakukan Organizing, maka akan terlihat kelompok-kelompok organisasi yang menjalankan fungsi atau tugasnya masing-masing.
c.       Directing ( Pengarahan ) adalah usaha memberi bimbingan, saran, dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan untuk dilaksanakan dengan baik.
Contoh penerapan : Dalam kegiatan-kegiatan yang saya ikuti, saya berusaha memberi pengarahan pada diri saya sendiri, agar kegiatan-kegiatan yang saya ikuti bernilai positif dan mendapat hasil yang maksimal.
Manfaat : Dengan melakukan arahan, maka tugas tersebut selesai dengan baik dan optimal.
d.      Coordinating ( Koordinasi ) adalah menyelaraskan tugas atau pekerjaan agar tidak terjadi kekacauan dan lempar tanggung jawab.
Contoh penerapan : Dalam hal ini bila dibuat suatu tugas kelompok, kami berusaha agar pembagian tugas merata dan kami pun berusaha agar semua anggota kelompok dapat mengungkapkan pendapatnya masing-masing.
Manfaat : Tercapainya tujuan organisasi yang akan berarti tercapainya tujuan pribadi masing-masing.
e.       Controlling ( Pengawasan ) adalah penerapan cara untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
Contoh penerapan : Dalam hal tugas kelompok, sesama anggota saling mengingatkan atau mengawasi, bila tugas telah dibagi dengan merata, maka itulah yang harus dikerjakan oleh masing-masing individu.
Manfaat : Untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan jika terjadi penyimpangan pada si anak.
  1. APA  CIRI MANAJER  PROFESIONAL  BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YG BERKAITAN:
-          DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
-          DENGAN INFORMASI
-          DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
  •       Hubungan antar pribadi :
a.       Pimpinan lambang (Figurehead): kepala simbolis diperlukan untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan sosial
b.      Pimpinan (leader): bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan bawahan, bertamnggung jawab untuk mengisi posisi yang kosong (staffing),emlatih dan tugas-tugas yang terkait.
c.       Penghubung (liaison): memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan dan informasi
  •       Informasi
a.         Pemantau (Monitor): Sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal tentang organisasi
b.         Penyebar (Dissiminator): Meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi
c.         Jurubicara (Spokesperson) Meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan dan hasil organisasi
  •       Pengambilan keputusan
a.       Wirausaha (Entrepreneur): Mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai “proyek-proyek perbaikkan” untuk menimbulkan perubahan
b.      Pengendali Gangguan (Disturbance Handler): Bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting
c.       Pengalokasi Sumber Daya (Resource Allocator): Bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi
d.      Perunding (Negotiator): Mewakili organisasi pada perundingan-perundingan utama
    3.   SEBUTKAN BENTUK – BENTUK  ORGANISASI DAN PENGERTIANNYA             SECARA SINGKAT
            BENTUK-BENTUK ORGANISASI
            Organisasi Lini : Garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertikal
            antara atasan dan bawahan
            Ciri-cirinya :
·         Jumlah karyawan sedikit
·         Manajer dibawahnya hanya sebagai pelaksana
·         Sarana dan alatnya terbatas
·         Hubungan atasan dan bawahan bersifat langsung
·         Bentuk lini pada perusahaan perseorangan, pemilik perusahaan adalah top manager
            Organisasi Fungsional : Wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada   kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan para pelaksana       yang mempunyai keahlian khusus
            Ciri-cirinya :
·      Organisasi kecil
·      Terdapat kelompok kerja staf ahli
·      Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
·      Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
·      Pengawasan ketat
            Organisasi Garis dan Staff : Pelimpahan wewenang secara vertikal dari pimpinan ke         kepala bagian dibawahnya serta masing-masing pejabat, manajer ditempatkan satu            atau pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasihat, misalnya : kearsipan, keuangan, personel
            Ciri-cirinya :
·         Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya langsung
·         Karyawan banyak
·         Organisasi besar
·         Ada 2 kelompok kerja organisasi sehingga ditekankan adanya spesialisasi :
-Personel Lini
-Personel Staff
            Organisasi Fungsional dan Garis : Wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan          kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian          dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada             kepala bagian.
            Ciri-cirinya :
·         Tidak tampak pembedaan tugas pokok dan bantuan
·         Spesialisasi praktis pada pejabat fungsional
·         Pembagian kerja dan pelimpahan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eselon
            Organisasi Matrik : Disebut juga sebagai Organisasi Manajemen Proyek yaitu        penggunaan struktur organisasi menunjukkan di mana para spesialis yang punya   ketrampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan proyek yang harus diselesaikan.
            Organisasi Komite : Tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh kelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan             plurastic manajemen.
            Terdiri dari :
·         Executive Committe (Pimpinan Komite) Anggotanya mempunyai wewenang lini
·         Staff Committe Orang-orang yang hanya mempunyai wewenang staf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar