Nama Kelompok :
1.      FITRI
 NURLIA (22211921)
2.      INDRI
 RAHAYU PRADITYA (23211621)
3.      NIA
 ARVIONITA (25211150)
4.      NIKEN
 KURNIAWATI (28211356)
5.      NUR HIKMAH (25211309)
KELAS : 1EB20
TUGAS PENGANTAR BISNIS
Tugas Kelompok Minggu Ke-7 
SOAL :
     1.      SEBUTKAN FAKTOR – FAKTOR PENUNJANG PERKEMBANGAN  
   MANAJEMEN  PRODUKSI !
JAWAB :
Faktor-faktor  penunjang perkembangan manajemen produksi, yaitu sebagai berikut :
a.         Adanya pembagian kerja dan spesialisasi.
b.         Revolusi industry.
c.         Perkembangan alat dan teknologi (termasuk computer).
d.         Perkembangan ilmu dan metode kerja.
SOAL :
     2.      SEBUTKAN ARTI  PRODUKSI DAN BERI  5 CONTOHNYA !
JAWAB :
Produksi adalah kegiatan perusahaan untuk 
menghasilkan barang atau jasa dari bahan-bahan atau sumber-sumber faktor
 produksi dengan tujuan untuk dijual lagi. 
Contoh Produksi :
·         Produksi meuble
·         Produksi Pakaian, sepatu
·         Produksi Televisi
·         Produksi Almari Es
·         Produksi Sikat dan Pasta Gigi
·         Produksi Sabun
SOAL :
     3.    APA YG DIMAKSUD DENGAN PROSES PRODUKSI TERUS MENERUS DAN 
   BERI 5 CONTOHNYA !
JAWAB
Tipe Proses Produksi yang ditinjau dari arus bahan mentah sampai menjadi barang jadi dapat dibagi menjadi 2 tipe, yaitu :
-          Tipe proses produksi terus-menerus ( Continuous Process ) 
-          Tipe proses produksi terputus-putus ( Intermitent )
Proses produksi terus-menerus
 akan terjadi jika perusahaan yang berproduksi membutuhkan waktu yang 
lama untuk mempersiapkan peralatan atau mesin dan jenis mesin. Tipe 
proses produksi terus menerus ini biasanya terjadi pada 
industri-industri yang hanya mempunyai satu shift operasi maupun 
kegiatan tersebut tidak terhenti dalam jangka waktu yang lama serta 
barang yang dihasilkan mempunyai bentuk yang hampir sama.
 Contohnya : Perusahaan semen, tekstil, mobil, dsb
SOAL :
     4.      SEBUT DAN JELASKAN 4 MACAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN !
JAWAB :
Macam-macam pengambilan keputusan :
·         Pandangan ekonomi : pengambilan keputusan yang rasional
·         Pandangan pasif : Para konsumen dianggap sebagai pembeli yang menurutkan kata hati dan irasional.
·         Pandangan
 kognitif : alternatif produk yang tersedia dan karena itu tidak dapat 
mengambil keputusan yang sempurna, namun secara aktif mencari informasi 
dan berusaha mengambil keputusan yang memuaskan.
·         Pandangan emosional, mengambil keputusan yang emosional atau impulsive
SOAL :
     5.      SEBUTKAN RUANG  LINGKUP MANAJEMEN PRODUKSI !
JAWAB :
Menurut Zulian Yamit (2003) Karakteristik dari sistem manajemen operasi adalah :
a) Mempunyai tujuan, yaitu menghasilkan barang dan jasa
b) Mempunyai kegiatan, yaitu proses transformasi
c) Adanya mekanisme yang mengendalikan pengoperasian
Ada tiga aspek yang saling berkaitan dalam ruang lingkup manajemen operasi, yaitu :
a) Aspek struktural yaitu aspek yang memperlihatkan konfigurasi komponen yang membangun sistem manajemen operasi dan interaksinya satu sama lain.
b) Aspek fungsional yaitu aspek yang berkaitan dengan manajemen dan organisasi komponen struktural maupun interaksinya mulai dari perencanaan, penerapan, pengendalian maupun perbaikan agar diperoleh kinerja optimum.
c) Aspek lingkungan memberikan dimensi lain pada sistem manajemen operasi yang berupa pentingnya memperhatikan perkembangan dan kecenderungan yang terjadi di luar sistem.
Ruang
 lingkup manajemen operasi berkaitan dengan pengoperasian sistem 
operasi, pemilihan serta penyiapan sistem operasi yang meliputi 
keputusan tentang :
a) Perencanaan output
b) Desain proses transformasi
c) Perencanaan kapasitas
d) Perencanaan bangunan pabrik
e) Perencanaan tata letak fasilitas
f) Desain aliran kerja
g) Manajemen persediaan
h) Manajemen proyek
i) Skeduling
j) Pengendalian kualitas
k) Keandalan kualitas dan pemeliharaan

Tidak ada komentar:
Posting Komentar